RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Sekolah : SD Negeri
Mata Pelajaran : Seni
Budaya dan Keterampilan (SBK)
Kelas/Semester : IV (Empat) / 1 (satu)
Alokasi Waktu : 2
X 35 menit (1 X Pertemuan)
Pelaksanaan :
A.
Standar Kompetensi
Seni
Musik :
4.
Mengekspresikan diri melalui karya
seni musik.
B.
Kompetensi Dasar
4.2
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap berbagai ragam lagu dan
alat musik ritmis.
C.
Indikator
1.
Mampu menyanyikan lagu daerah
menggunakan iringan alat musik ritmis.
D.
Tujuan Pembelajaran
1.
Melalui penjelasan guru tentang alat
musik ritmis, siswa dapat menyebutkan contoh alat musik
ritmis.
2.
Melalui demonstrasi oleh guru tentang
lagu daerah, siswa dapat menyanyikan lagu daerah menggunakan
iringan alat musik ritmis.
Karakter
yang diharapkan : Disiplin (Discipline), Rasa hormat dan perhatian (respect), Tekun (diligence) , Tanggung jawab (responsibility)
dan Ketelitian (carefulness).
E.
Materi Ajar
Lagu Daerah
dan Alat Musik Ritmis.
F.
Model, Metode, dan Media Pembelajaran
Model pembelajaran : Direct
instructions (langsung)
Metode pembelajaran : ceramah,
demonstrasi, tanya jawab, penugasan.
Media
Pembelajaran : - lagu daerah (terlampir)
-
speaker + laptop
- alat
musik ritmis (rebana + tamborin)
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
(menit)
|
Metode
|
1.
|
Pendahuluan
:
a.
Mengkondisikan
semua siswa untuk berdoa menurut agama dan
kepercayaan masing-masing.
b.
Melakukan presensi di awal pembelajaran terhadap
peserta didik.
c.
Menyiapkan alat-alat pelajaran.
d.
Menyanyikan lagu “terimakasih guruku”
bersama-sama dengan tujuan memberikan motivasi pada siswa.
e.
Memberikan apersepsi, dengan cara mengajukan
pertanyaan-pertanyaan yang menggiring siswa pada materi yang akan dibahas.
1)
Daerah-daerah siapa yang suka
bernyanyi?
|
10
|
Ceramah
Tanya
jawab
|
2.
|
Kegiatan
Inti :
a.
Eksplorasi
1)
Guru menjelaskan macam-macam lagu
daerah.
2)
Guru mendemonstrasikan cara
menyanyikan lagu daerah dengan menggunakan media pembelajaran.
b.
Elaborasi
1) Guru membagi kelas kedalam 6 kelompok untuk mendemonstrasikan
cara menyanyikan lagu daerah.
2) Guru meminta siswa dalam kelompok
berlatih menyanyikan sebuah lagu daerah.
3) Guru membimbing kelompok yang sedang berlatih
menyanyikan sebuah lagu daerah.
4) Guru meminta masing–masing kelompok untuk menyanyikan
lagu daerah dengan diiringi dengan
alat musik ritmis.
c.
Konfirmasi
1)
Guru memotivasi kelompok yang berhasil
menyanyikan lagu daerah.
2)
Guru menanyakan pada siswa tentang
kesulitan menyanyikan lagu daerah.
|
50
|
Ceramah
Demonstrasi
Ceramah
Tanya jawab
|
3.
|
Penutup :
a. Guru bersama–sama
dengan siswa membuat rangkuman/simpulan pelajaran sesuai hasil klarifikasi.
b. Guru melakukan penilaian terhadap penampilan siswa.
c. Guru
memberikan tugas.
d. Guru
menutup kegiatan pembelajaran.
|
10
|
Ceramah
Penugasan
|
H.
Sumber Belajar
Buku paket SBK Saya
Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls IV Standar Isi 2006.
I.
Penilaian
1. Prosedur
Midtest : Tes Perbuatan
2. Jenis penilaian
a.
Penilaian proses
Dilaksanakan pada
waktu KBM pada setiap siswa seperti pengamatan dalam proses pembelajaran,
meliputi keaktifan,kesungguhan, dan kecermatan dalam pembelajaran.
3. Alat penilaian :
Penampilan siswa
Tegal,
Guru Kelas Praktikan
Mengetahui,
Kepala Sekolah Dosen
pembimbing
Lampiran
Lagu Daerah
“Cublak-cublak suweng”
Cublak-cublak suweng
suwenge ting gelenter Mambu ketudhung gudhel Pak Gempong lera lere Sapa ngguyu ndelikake Sir sir pong dele gosong Sir sir pong dele gosong |
“Gundul Gundul Pacul”
gundul-gundul pacul-cul gembelengan nyunggi-nyunggi wakul-kul gembelengan wakul glempang segone dadi seratan wakul glempang segonde dadi seratan
Mana dimana anak
kambing saya
anak kambing tuan ada di pohon waru mana dimana jantung hati saya jantung hati tuan ada di kampung baru |
“Anak Kambing Saya”
caca marica he hei caca marica he hei caca marica ada di kampung baru caca marica he hey caca marica he hey caca marica ada di kampung baru |
Gambang
Suling
Gambang suling kumandang suarane
Tulat tulit kepenak unine
U...u...u... U... U... U...
U... nine mung
Nrenyuhake ba-reng lan kentrung
ke-tipung suling sigrak kendangane
|
No.
|
Daerah
|
Judul Lagu
|
1.
|
Jakarta
|
Surilang, Keroncong Kemayoran, Kicir-Kicir,
Jali-Jali
|
2.
|
Jawa Barat
|
Manuk
Dadali, Cing Cangkeling, Bubuy Bulan, Es Lilin
|
3.
|
Jawa Tengah
|
Gambang Suling, Gek Kepriye, Gundul Pacul, llir-llir
|
4.
|
Jawa Timur
|
Tanduk
Majeng, Keraban Sape,
Rek Ayo Rek
|
5.
|
DIY
|
Pitik
Tukung Sinom Suwe Ora Jamu Tekate Dipanah
|
Alat
Musik Ritmis :
Kastanyet,
gendang, tamborin, rebana, ring bel, triangel.
LEMBAR PENGAMATAN PROSES BELAJAR SISWA
Mata Pelajaran SBK
No
|
Nama Siswa
|
Ketepatan Nada
|
Penghayatan
|
Kesesuaian Irama
|
Jumlah
|
|||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
| |||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
0 komentar:
Posting Komentar