HALAMAN PENTING

Kamis, 14 Juni 2012

CONTOH LANGKAH-LANGKAH METODE INQUIRY IPS


Langkah 1                 : Memperkenalkan masalah
Pokok Bahasan         : Perjuangan Bangsa Indonesia Melawan Penjajah
Permasalahan        : Mengapa perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah sebelum tahun 1908 mengalami kegagalan?

Langkah 2                 : Mengumpulkan data
Didalam pengumpulan data semua siswa diwajibkan bertanya kepada gurunya . Guru akan menjawab “Ya”, jika pertanyaan tersebut berhubungan dengan permasalahan, atau “Tidak”, jika pertayaan tersebut tidak berhubungan dengan permasalahan. Kalimat tanya yang diajukan harus berbentuk “Apakah”, atau “Adakah”.
Contoh pertanyaan :
1.    Pertanyaan siswa   : Apakah bangsa Indonesia saat itu belum memiliki rasa persatuan dan kesatuan?
     Jawaban guru         : Ya
2.    Pertanyaan siswa   : Adakah teknologi canggih yang membantu bangsa Indonesia pada saat perang dulu?
     Jawaban guru         : Tidak
3.    Pertanyaan siswa   : Apakah Indonesia kalah dalam persenjataan?
     Jawaban guru         : Ya
4.    Pertanyaan siswa   : Apakah perjuangan bersifat kedaerahan?
     Jawaban guru         : Ya

Jika para siswa mendapat kesulitan dalam mengajukan pertanyaan maka guru harus membantunya dengan memberikan Matriks Inquiry.
Persatuan dan Kesatuan
Kedaerahan
Tidak Bersatu
Modern
Tradisional
Teknik Perang

Langkah 3                 : Menganalisa data
Dalam langkah ini siswa bekerja secara individu maupun kelompok. Siswa akan mentabulasi mana data yang berhubungan dengan masalah dan mana yang tidak. Misalnya :
Data yang tidak berhubungan dengan pemasalahan :
1.    Teknologi canggih membantu bangsa Indonesia saat perang dulu, dijawab tidak. Pada saat itu belum merdeka jadi belum dapat memiliki teknologi yang canggih. Untuk menunjang kehidupan mereka saja, rakyat Indonesia masih kekurangan.
Data yang berhubungan dengan permasalahan
1.    Bangsa Indonesia pada saat itu memiliki rasa persatuan dan kesatuan, dijawab ya. Pada saat itu bangsa Indonesia masih merasa bagian terpisah dari bangsa Indonesia yang lain. Karena memang mereka belum memiliki kesadaran rasa persatuan dan kesatuan. Dan juga belum ada yang meyakinkan mereka bahwa kita adalah satu.
2.    Indonesia kalah dalam persenjataan, dijawab ya. Karena memang dulu, mereka semua berperang dengan alat-alat yang sederhana seperti clurit, bambu runcing, dan keris.
3.    Perjuangannya bersifat kedaerahan, dijawab ya. Karena mereka masih merasa kesatuan yang terpisah, jadi mereka berperang hanya untuk daerah mereka masing-masing.

Langkah 4                   : Membuat Hipotesa
Berdasarkan analisa data di atas dapatlah dibuat hipotesa : “Perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah sebelum tahun 1908 mengalami kegagalan”.

Langkah 5                   : Menguji Hipotesa
Atas dasar hasil jawaban pertanyaan dari guru, buku-buku sumber yang dibaca dan hasil diskusi siswa maka dapat dikatakan bahwa hipotesa itu benar karena :
1)   Bangsa Indonesia saat itu belum memiliki rasa persatuan dan kesatuan
2)   Indonesia kalah dalam persenjataan dan teknik perang
3)   Perjuangan bersifat kedaerahan

Langkah 6                   : Membuat kesimpulan
Atas dasar pengujian hipotesa, maka permasalahannya : “Mengapa perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah sebelum tahun 1908 mengalami kegagalan?”
Kesimpulannya, kegagalan perjuangan bangsa Indonesia saat melawan penjajah sebelum tahun 1908 mengalami kegagalan, karena :
1)   Belum ada rasa persatuan dan kesatuan
2)   Kalah dalam persenjataan dan teknik perang
3)   Perjuangan masih bersifat kedaerahan

tanks to: 

1.   Umtikhah Nurul H                 1401409121
2.   Kemala Purna Utami             1401409032
3.   Itsna Oktaviyanti                   1401409128
4.   Yanuar Putri U                      1401409113
5.   Putri Indah A P                      1401409093
6.   Siti Jumariyah                        1401409102
7.   Slamet Sabar Riyadi              1401409002

1 komentar:

eid_girl mengatakan...

(y)

Posting Komentar