HALAMAN PENTING

Kamis, 14 Juni 2012

RPP Terpadu Model Connected

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Terpadu
Model Connected
Nama Sekolah             : SD Negeri Kemandungan 05
Mata Pelajaran             : Pendidikan Kewarganegaraan
Pokok Bahasan/Tema  : Pemerintahan
Kelas / Semester          : IV/I              
Alokasi Waktu            : 2 X 35 menit ( 1 X pertemuan )

A.      Standar Kompetensi
1. Memahami sistem pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan.

B.       Kompetensi Dasar
1.1 Mengenal lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan.
1.2 Menggambarkan struktur organisasi desa dan pemerintah kecamatan

C.      Indikator
1.1.1 Setelah mendengar penjelasan guru siswa mampu  menjelaskan hakikat pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan.
1.1.2 Setelah mendengar penjelasan guru siswa mampu  menjelaskan susunan lembaga-lembaga pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan.
1.1.3 Setelah mendengar penjelasan guru siswa mampu  memberi contoh bentuk pelaksanaan kehidupan demokrasi di lingkungan tempat tinggal.
1.2.1 Setelah mendengar penjelasan guru siswa mampu  menggambar struktur organisasi pemerintah kecamatan.
1.2.2 Setelah mendengar penjelasan guru siswa mampu  menjelaskan persamaan dan perbedaan antara pemerintahan desa dan kelurahan.

D.      Tujuan Pembelajaran
1.      Menjelaskan hakikat pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan.
2.      Menjelaskan lembaga-lembaga penyelengara pemerintahan desa dan
kecamatan.
3.      Memberikan contoh bentuk pelaksanaan kehidupan demokrasi di
lingkungan tempat tinggal.
4.      Menggambar bagan struktur organisasi desa dan kecamatan.
5.      Menjelaskan persamaan dan perbedaan antara pemerintah desa dan
kelurahan.

E. Metode dan Model Pembelajaran
1.      Metode
Bercerita, diskusi, tanya jawab, pemberian tugas.
2.      Model  Connected
F. Materi Ajar
 terlampir

G. Langkah-langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Awal (10 menit)
a)        Guru membuka pertemuan dengan mengucapkan salam, berdoa, dan melakukan presensi. .
b)        Guru memberikan apersepsi dengan bertanya tentang pengalaman yang dialami siswa sehari-hari,
“Apakah kalian pernah pergi ke kelurahan?”
“Siapakah yang pernah pergi ke kecamatan?”
“Siapakah nama Kepala Desa di desa Kalian?”
c)        Guru kemudian memberi motivasi terhadap respon siswa.
d)       Guru menyiapkan alat peraga/media yang dibutuhkan di depan kelas.

2.      Kegiatan Inti ( 50 menit)
a.       Eksplorasi
.
1)      Guru menampilkan gambar yang berkaitan dengan kecamatan dan  kelurahan.
2)      Guru menjelaskan materi secara garis besar dengan metode ceramah, sesuai dengan pembelajaran terpadu model connected, dan mengacu pada tujuan pembelajaran.
3)      Guru menginformasikan bahwa akan dilakukan kegiatan diskusi kelompok.
4)      Guru membagi siswa dalam 4 kelompok.
5)      Guru meminta masing-masing kelompok untuk berdiskusi.
6)      Guru meminta siswa untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok di depan kelas.

b.      Elaborasi
1.      Dengan arahan dari guru, siswa melakukan diskusi dengan materi yang telah dibagi setiap kelompoknya.
a)      Kelompok 1 : Susunan lembaga-lembaga pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan.
b)      Kelompok 2 : Bentuk pelaksanaan kehidupan demokrasi di lingkungan tempat tinggal.
c)      Kelompok 3 : Struktur organisasi pemerintah kecamatan.
d)     Kelompok 4 : persamaan dan perbedaan antara pemerintahan desa dan kelurahan.

Setelah  masing-masing kelompok berdiskusi , siswa menyampaikan hasil diskusi di depan kelas namun masih tetap dalam bimbingan dan pengawasan guru.
c. Konfirmasi
a)      Guru memberi penguatan kepada para siswa.
b)     Guru menanyakan pada siswa hal-hal yang telah dipahami dan belum dipahami dari materi pembelajaran yang telah diikuti.
c)      Guru mengkonfirmasi dan menjelaskan kembali materi yang telah didiskusikan oleh siswa.
d)     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,dan  memberikan penguatan.
e)      Guru memberikan tanggapan dan meluruskan atas jawaban siswa.
f)      Guru dan siswa sepakat atas perbedaan pendapat.
3. Kegiatan Penutup (10 menit)
a.       Guru bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
b.      Guru melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
c.       Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
d.      Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan memberikan Pekerjaan Rumah (PR)

H. Alat dan Sumber Belajar
Alat                                              : media berupa gambar  yang berkaitan dengan kecamatan/ kelurahan
Sumber belajar                             : silabus kelas V, buku paket Pendidikan Kewarganegaraan Kelas 4 SD, lingkungan sekitar.
I. Penilaian
1.      Prosedur penilaian       : penilaian proses dan hasil (post tes)
2.      Jenis  penilaian            : penilaian proses dan hasil
3.      Bentuk penilaian         : tes tertulis (benar salah dan isian singkat)
4.      Alat penilaian              : soal tes formatif (terlampir)
5.      Kunci jawaban            : terlampir
6.      Skor penilaian             :
            Nilai  Akhir = {(B -  ) / N} X 100= 100

                                                                                  Tegal,  30 Mei 2012
 Mengetahui, 
Kepala SD N Tegal 5                                          Guru Kelas IV



Ngadiman S.Pd                                      Slamet Sabar Riyadi S.Pd
NIP.134556778899000                   NIP.152675275745823


2 komentar:

Unknown mengatakan...

materi ajarnya terlamoir dimana mb?

Unknown mengatakan...

#terlampir

Posting Komentar