HALAMAN PENTING

Jumat, 15 Juni 2012

RPP ORAL HISTORY

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 
ORAL HISTORY  
                     Mata Pelajaran         : Ilmu Pengetahuan Sosial
              Pokok Bahasan        : Macam-macam usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia
                     Satuan Pendidikan   : SD
                     Kelas / Semester       : V  / 1
                     Alokasi Waktu         : 2 x 45 menit ( 1 x pertemuan )
                                     
A.      Standar Kompetensi
1. Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa serta kegiatan  ekonomi di Indonesia.

B.       Kompetensi Dasar
1.5 Mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia.

C.      Hasil Belajar
1.    Siswa dapat menyebutkan  jenis-jenis usaha dalam masyarakat.
2.    Siswa dapamemberi contoh kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi di Indonesia
3.    Siswa dapat memberikan contoh usaha yang dikelola sendiri dan kelompok.
4.    Siswa dapat memberi contoh cara menghargai kegiatan setiap orang dalam berusaha.

D.      Indikator
1.      Menyebutkan  jenis-jenis usaha dalam masyarakat.
2.      Memberi contoh kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi di Indonesia.
3.      Memberikan contoh usaha yang dikelola sendiri dan kelompok
4.      Memberi contoh cara menghargai kegiatan setiap orang dalam berusaha.


E.       Tujuan Pembelajaran
1.    Setelah mendengarkan penjelasan guru tentang macam-macam usaha dan kegiatan ekonomi peserta didik mengidentifikasi jenis usaha yang ada di Indonesia..
2.    Setelah melakukan wawancara dengan nara sumber, peserta didik dapat dapat menyebutkan contoh kegiatan produksi, konsumsi, distribusi.
3.    Setelah melakukan diskusi dengan teman kelompok tentang macam-macam usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia, peserta didik dapat menganalisa hasil wawancara tentang macam-macam usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia
4.    Setelah peserta didik melakukan analisis hasil wawancara, peserta didik dapat menyimpulkan hasil wawancara.
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian (respect ), Tekun ( diligence ) , Jujur ( fairnes )  dan  Ketelitian ( carefulness).

F.       Materi Pokok
Terlampir

G.      Metode, Model, Dan Media Pembelajaran
1.    Metode                        :  Oral History ( terlampir )
2.    Model Pembelajaran    :  Wawancara, Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, dan penugasan
3.   Media                          : (terlampir)

H. Langkah-Langkah Pembelajaran
a.    Kegiatan awal
Apersepsi

1.    Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama, presensi, dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
2.    Menyiapkan alat-alat pelajaran.
3.    Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai dan manfaat dari proses pembelajaran, serta pentingnya materi pelajaran yang akan dipelajari.
4.    Mengajukan pertanyaan untuk apersepsi.
1). Adakah diantara kalian yang pernah melakukan wawancara?
2). Coba ceritakan usaha apa saja yang ada di lingkungan tempat tinggalmu ?
3).  Apakah ada tetanggamu yang menjadi dokter?
4).  Adakah diantara kalian yang orang tuanya memiliki toko?
5). Adakah diantara kalian yang orang tuanya melakukan kegiatan berjualan di pasar?
6). Siapakah yang pernah membeli barang di toko atau pasar ?
b.    Kegiatan inti
A. Eksplorasi
1.      Guru menjelaskan prosedur pembelajaran Oral History :
a.       Guru menentukan pokok bahasan yang sesuai dengan kurikulum, menentukan lokasi dan waktu pelaksanaan, serta menghubungi pemimpin tempat lokasi untuk meminta bantuan pembimbing.
b.      Guru memerintahkan peserta didik mempersiapkan pertanyaan-pertanyaan untuk wawancara, mempelajarai dan mempersiapkan alat-alat untuk wawancara, serta menentukan waktu berapa hari lamanya.
c.        Guru meneliti pertanyaan-pertanyaan untuk wawancara dari peserta didik, menyerahkan para peserta didik dan menyuruh kepada nara sumber, serta menugaskan kepada para peserta didik untuk mencatat atau merekam.
d.       Peserta didik menghubungi nara sumber dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan mulai dari soal yang sederhana sampai yang kompleks, mencatat hasil wawancara, serta dalam akhir wawancara tanyakanlah hal-hal yang belum jelas dan lengkapilah nama-nama pemberi data, pewancara, judul topik, tanggal/hari dan tempat wawancara.
e.        Peserta didik diharuskan menganalisa hasil wawancara, mendiskusikan di dalam kelompok yang disajikan oleh gurunya, menyempurnakan hasil diskusinya dengan tulisan yang rapi dan akhirnya menyerahkan kepada gurunya untuk dipublikasikan baik di majalah dinding maupun majalah yang diterbitkan oleh sekolah.
2. Guru melakukan tanya jawab tentang tugas yang harus dikerjakan oleh setiap peserta didik.
3. Guru menentukan pokok bahasan yang sesuai dengan kurikulum yaitu pokok bahasan mengenai macam-macam usaha dan kegiatan ekonomi.
4. Menentukan lokasi dan waktu pelaksanaannya, yaitu di Pasar Pagi, Tegal, dengan waktu pelaksanaan Sabtu, 24 Desember 2011.
5. Guru menghubungi pemimpin tempat lokasi yaitu seorang Pengelola Pasar Pagi yang bernama Bapak Soebagyo untuk meminta bantuan pembimbing.
6. Guru menjelaskan materi sebelum peserta didik melakukan wawancara

B. Elaborasi
1).    Guru memerintahkan kepada peserta didik untuk merencanakan dan membuat pertanyaan-pertanyaan yang sistematis sesuai dengan pokok bahasan mengenai macam-macam usaha dan kegiatan ekonomi.
2).    Peserta didik harus mempersiapkan pertanyaan-pertanyaan untuk wawancara, mempelajari dan mempersiapkan alat-alat untuk wawancara, serta menentukan berapa lama waktu yang dibtuhkan. (Pertanyaan terlampir)
3).    Guru meneliti pertanyaan-pertanyaan untuk wawancara dari peserta didik, menyerahkan para peserta didik dan menyuruh kepada nara sumber, serta menugaskan kepada para peserta didik untuk mencatat atau merekam.
4).    Peserta didik menghubungi nara sumber dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan mulai dari soal yang sederhana sampai yang kompleks, mencatat hasil wawancara, serta dalam akhir wawancara tanyakanlah hal-hal yang belum jelas dan lengkapilah nama-nama pemberi data, pewancara, judul topik, tanggal/hari dan tempat wawancara.

1.    Konfirmasi
1)      Setelah pertanyaan diajukan kepada nara sumber, peserta didik memperoleh jawaban dari narasumber. (terlampir)
2)      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
3)      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan.
4)      Peserta didik menganalisa hasil wawancara.
5)      Peserta didik mendiskusikan di dalam kelompok yang disajikan oleh gurunya, menyempurnakan hasil diskusinya dengan tulisan yang rapi.
6)      Peserta didik menyerahkan kepada gurunya untuk dipublikasikan baik di majalah dinding maupun majalah yang diterbitkan oleh sekolah.
c.    Kegiatan Penutup
1)      Guru menutup pelajaran yang telah berlangsung.
2)      Pemberian PR (terlampir)
          
H.      Alat Dan Sumber Bahan
1.    Alat
o   Tape Recorder
o   Lembar pertanyaan
2.    Sumber
² Silabus Kelas V.
² Buku IPS kelas V.

I.         Penilaian
1.      Prosedur : Postest tertulis.
2.      Jenis penilaian
a.    Penilaian Proses      : Pengamatan guru.
b.    Penilaian Hasil        : Pemeriksaan hasil wawancara
3.      Bentuk Tes                  : Objektif tes.
4.      Alat Tes                      : Soal-soal evaluasi.

Skor Penilaian :

NA = 

Keterangan :
NA           = Nilai Akhir
B  = Jumlah soal yang dikerjakan benar
S   = Jumlah soal yang dikerjakan salah
n = Alternatif jawaban
N  = Banyaknya butir soal

 Lembar Penilaian Akhir
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
²  Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

Tegal, 19 Desember 2011
       Mengetahui,
    Kepala Sekolah                                                                  Guru Kelas V


..................................                                                      ..................................
NIP.                                                                                NIP.

Oleh : Slamet Sabar Riyadi, PGSD Tegal UNNES

0 komentar:

Posting Komentar